• Hubungi Kami
  • 0624-95140
  • smpkotapinang@gmail.com

Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa, Gelaran Parade Inovasi di Perguruan Tinggi

Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa, Gelaran Parade Inovasi di Perguruan Tinggi

  • Kategori

    Berita Utama
  • Tanggal

    13 Agustus 2021
  • Oleh

    Administrator
  • Dibaca

    0 Kali


Tangerang, 3 Desember 2020 --- Pusat Prestasi Nasional (Pupsresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk pertama kalinya menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM). Ajang yang diselenggarakan untuk mengembangkan dan menumbuhkan jiwa serta kemampuan berwirausaha mahasiswa Indonesia ini merupakan wujud program Kampus Merdeka.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto mengatakan, kompetisi ini merupakan awal yang baik bagi mahasiswa untuk mengembangkan ide kreatifnya. Berawal dari sebuah ajang kompetisi, kata dia, ke depannya para mahasiswa diharapkan dapat menjadi wirausaha sejati dan kuat sehingga menjadi pemimpin untuk Indonesia di masa depan.
 
Anda adalah calon-calon juara hebat untuk Indonesia masa depan. Anda lah yang akan menjadi pilar dan pemimpin masa depan karena Anda lah yang akan menciptakan pekerjaan yang baik, yang banyak untuk masyarakat Indonesia. Ini tentunya suatu kebanggaan yang luar biasa, ujarnya dalam sambutan penutupan KIBM 2020 secara virtual, di Tangerang, Kamis (03/12/2020).

Melalui program ini, Wikan berharap mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi nasional. Ia meyakini, kompetisi ini merupakan kebanggaan bagi seluruh peserta yang telah menciptakan inovasi di bidang kewirausahaan. Terus kembangkan kemampuan wirausaha mahasiswa di Indonesia agar mampu bersaing sampai ke level global dengan mengoptimalkan potensi lokal dan potensi nasional, tutur Wikan.

Wikan berharap para peserta KIBM 2020 ini mampu menciptakan ide-ide bisnis yang mampu mengundang investor besar dari dalam dan luar negeri. Menurut Wikan, para investor sudah menunggu ide-ide yang fresh dan futuristik. “Dana itu besar. Saya pastikan dana yang terparkir dari investor-investor itu sangat besar dan mereka kalau sudah percaya kepada sebuah ide dan pemilik ide itu, mereka akan jauh lebih confident untuk mengalirkan dana mereka pada start up seperti ini, imbuhnya.

Peningkatan inovasi, peningkatan pendapatan serta Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) adalah satu keniscayaan dan keharusan bahkan bagi genarasi muda Indonesia agar pola pikir mahasiswa Indonesia tidak hanya belajar untuk sekadar mengejar ijazah. Kita membutuhkan anak-anak muda yang memiliki mindset menjadi pemimpin dunia masa depan melalui kreativitas, produktivitas, inovasi, penciptaan produk yang akan menjadi produk-produk bisnis adik-adik semua. Ini lah yang akan menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar, ujar Wikan.

KIBM 2020 merupakan salah satu agenda lomba kemahasiswaan tingkat nasional untuk mencapai tujuan membangun semangat kewirausahaan dengan memperkuat jejaring antara akademisi, bisnis dan pemerintah. Di tengah pandemi Covid-19, KIBM 2020 digelar secara dalam jaringan (daring). (Denis S./Aline R.)